Penyebab Tidur Ngorok

Penyebab Tidur Ngorok – Tidur merupakan istirahat yang wajib di lakukan oleh setiap orang. Kerena tidur merupakan hal yang penting. Jika seseorang tidak tidur maka akan membuat tubuh dan mata menjadi lelah. Karena saat tidur semua organ tubuh akan memperbaruhi energi tubuh, dan semua organ tubuh juga harus istirahat. Namun, ketika tidur ada beberapa orang memiliki gangguan.

Setiap orang memiliki gangguan yang berbeda beda, ada yang susah tidur atau insomnia, dan juga ada seseorang yang tidur namun mengeluarkan suara, atau biasa di kenal dengan tidur ngorok. Ngorok merupakan salah satu gangguan tidur yang dapat menganggu orang di sekitar anda. karena saat ngorok akan mengeluarkan suara yang sangat menganggu. Tidur ngorok juga menganggu penderita nya, karena saat ngorok akan membuat tidur tidak nyaman.

tidur ngorok

Penyebab tidur ngorok

Tidur ngorok di sebabkan oleh menyempitnya udara yang terdapat pada tenggorokan. Dan juga lubang hidung yang berfungsi untuk mengatur oksigen yang akan masuk pada tubuh. suara yang timbul di saat tidur ngorok di karenakan udara yang berusaha masuk ke dalam tubuh, dengan memasuki mulut, lidah, tonsil dan juga otot otot yang terdapat di tenggorokan.

  • Usia

Usia yang semakin bertamabah tua juga bisa menjadi penyebab tidur ngorok. Karena seiring bertambah nya usia juga dapat membuat otot tenggorokan akan semakin menurun, sehingga tenggorokan akan menyempit.

Mengalami penyakit sinusitis merupakan salah satu gangguan pernafasan. Sehingga menjadi penyebab tidur mendengkur karena udara susah masuk ke dalam tubuh.

  • Pola hidup tidak sehat

Memiliki hobi mengkonsumsi minuman beralkohol dan juga suka merokok dapat menjadi penyebab tidur ngorok. Karena dengan pola hidup tidak sehat seprti minum alkohol dan juga merokok dapat menganggu pernafasan.

  • Kondisi tubuh

Memiliki salurann udara yang sempit dari bawaan lahir atau faktor genetik juga bisa menjadi penyebab tidur ngorok. Biasanya laki laki lah yang memiliki ukuran saluran udara yang lebih sempit di bandingkan dengan wanita. Sehingga lebih banyak laki laki yang memiliki gangguan tidur ngorok.

  • Posisi tidur

Posisi tidur dengan cara telentang ke atas juga akan mempengaruhi saluran udara masuk ke tubuh. karena dengan posisi tidur yang telentang ke atas akan membuat saluran tenggorokan terblokir. Sehingga dengan tidur dengan posisi telentang menjadi penyebab tidur ngorok.

  • Kelebihan berat badan

Memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas juga bisa menjadi penyebab tidur ngorok. Karena pada tubuh yang gemuk terdapat banyak lemak yang dapat menutupi atau menghalangi udara yang akan masuk ke tubuh.

Jenis tidur ngorok

  • Tidur ngorok dengan keadaan mulut terbuka

Dengan memiliki kebiasaan tidur dengan posisi mulut terbuka sehingga mengorok, juga merupakan adanya gangguan dengan jaringan di tenggorokan anda.

  • Tidur ngorok dengan tidur telentang

Tidur mengorok pada saat posisi tidur yang telentang saja, berarti tenggorkan yang merupakan jalan masuk nya udara terhalang. Oleh karena itu rubah posisi tidur merupakan hal yang dapat menyembuhkan. Tidur ngorok untuk kasus yang seperti ini merupakan penyebab tidur yang ringan.

  • Tidur ngorok dengan mulut tertutup

Tidur ngorok namun mulut tetap tertutup merupakan ada nya gangguan atau masalah di lidah anda.

Cara mencegah tidur ngorok

  • Olahraga

Olahraga dapat menjadi cara agar lemak lemak yang dapat membuat tubuh obesitas atau gemuk terbakar, sehingga tubuh akan tidak gendut. Sehingga jika melakukan olahraga akan mencegah tidur ngorok. Olahraga juga akan membuat tubuh merasa lelah sehingga ketika malam hari akan tidur dengan nyenyak.

  • Tidur dengan posisi menyamping

Karena ketika tidur telentang akan memblokir jalan udara masuk ketubuh, dan menjadi penyebab tidur ngorok. Maka yang anda harus lakukan mengubah posisi tidur dengan poisis miring. Akan lebih baik lagi jika posisi miring nya ke sebelah kanan, karena posisi tidur kesebelah kanan tidak akan membuat pernafasan terganggu.

  • Tidak meminum minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat meyebabkan penyakit vertigo terjadi. Selain itu juga minuman beralkohol juga menjadi penyebab tidur ngorok. Sehingga akan lebih baik jika mengurangi atau bahkan tidak meminum minuman beralkohol.

  • Tidak merokok

Dengan merokok akan membuat saluran tenggorokan akan menyempit. Selain itu merokok dapat menyebabkan penyakit jantung. oleh sebab itu untuk mencegah tidur ngorok dan menghindari berbagai penyakit, sebaik nya tidak merokok.

  • Menghindari kafein dan makanan berat

Dengan tidak mengkonsumsi kopi atau makanan yang mengandung kafein dan tidak makan makanan berat sebelum tidur akan mecegah tidur ngorok. Karena saat minum minaman berkafein dan makanan berat merupakan suatu penyabab tidur ngorok.

  • Kamar tidur yang lembab

Kamar tidur yang kering juga membuat tidur ngorok. Sehingga untuk mencegah tidur ngorok anda bisa menjaga kelembaban kamar tidur anda dengan menggunakan alat khusus untuk melembabkan ruangan.

  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Dengan mengatur posisi kepala lebih tinggi dengan menggunakan bantal yang nyaman juga dapat mencegah tidur ngorok. Karena dengan posisi kepala yang lebih tinggi akan mendorong lidah dan rahang untuk bergerak ke depan. Sehingga udara yang masuk tidak akan terhalang. Anda bisa membeli bantal khusus yang di buat untuk penderita tidur ngorok.

This entry was posted in Tidur Ngorok and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.